Manajemen bisnis akan sangat berguna ketika anda menjalankan kegiatan bisnis. Manajemen sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai hal yang terkait dengan pengaturan, perancangan dan pengawasan dari suatu kegiatan termasuk juga bisnis. Istilah manajemen berasal dari kata di bahasa italia yaitu manggiare atau yang memiliki arti mengendalikan. Menurut Marg Parker Foler, manajemen merupakan seni untuk menyelesaikan sesuatu melalui kerja orang lain. Seni ini juga merupakan cara untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu yang dapat memberikan keuntungan bagi keseluruhan organisasi maupun beberapa pihak. Selain itu, manajemen juga diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki arti mengatur atau mengelola.
Bisnis memiliki definisi sebagai satu jenis kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk – produk dalam bentuk barang maupun jasa. Dapat disimpulkan bahwa Pengertian Manajemen Bisnis ialah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk agar dapat memberikan keuntungan sebesar besarnya pada para pelakunya. Manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
Komponen bisnis
Bisnis mencakup beberapa komponen yang saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lain. Komponen komponen dari bisnis antara lain adalah manajemen bisnis, branding, layanan dan produk, relasi dan juga pelanggan. Manajemen bisnis merupakan komponen yang utama dalam sebuah bisnis agar bisa berhasil. Manajemen memiliki tujuan untuk membuat rencana, mengelola dan menjalankan suatu bisnis. Komponen lain dari bisnis adalah branding. Branding atau pembuatan merek adalah suatu komponen yang penting untuk memberikan citra pada bisnis yang nantinya akan mendukung dalam pencapaian untuk keberhasilan bisnis. Ketika pembuatan merek dilakukan dengan tepat, maka akan lebih banyak potensi konsumen yang tertarik pada barang tersebut.
Kualitas merek juga akan menentukan kepercayaan konsumen yang nantinya akan berpengaruh pada pendapatan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari hasil bisnis tersebut. merek juga memiliki pengaruh emosional pada masyarakat, yaitu merek dapat memberikan kesan dan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu barang dan produsen. Layanan dan produk juga termasuk dalam cakupan manajemen bisnis. Layanan dan produk adalah komponen komponen dalam bisnis yang ditawarkan ke konsumen dan pasar. Komponen bisnis selanjutnya adalah partner, yaitu pihak pihak yang terkait dalam pelaksanaan bisnis dan berperan dalam usaha pencapaian tujuan kesuksesan dalam bisnis.
Komponen berikutnya yang juga merupakan sangat penting dalam manajemen bisnis adalah pelanggan. Pelanggan sebagai konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu produsen ke pasar memiliki peran penting dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan. Semakin banyak pelanggan pastinya akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh suatu produsen.
Perencanaan manajemen bisnis
Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis yang tepat, maka diperlukan manajemen bisnis yang terencana dengan matang sehingga mampu mengarahkan bisnis menuju arah yang tepat dan mengantisipasi adanya kerugian yang mungkin dihadapi oleh suatu bisnis. Memulai perencanaan manajemen bisnis bukan hanya terletak pada modal. Banyak atau sedikitnya modal tidak menjamin suatu bisnis akan bisa sukses dengan tepat. namun dengan manajemen yang tepat, maka akan diperoleh pelaksanaan bisnis yang efisien dalam menggunakan modal yang tersedia.
Untuk mencapai perencanaan manajemen bisnis yang efisien, maka perlu dilakukan perhitungan yang cermat mengenai modal yang ada dengan disesuaikan pada kegiatan operasional dari pabrik atau perusahaan hingga beberapa waktu yang ada di masa depan. Membuat anggaran jangka panjang yang tepat akan sangat tepat dalam membantu perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan.
KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA YA?
Sedang mencari informasi tentang Jurusan Manajemen di perguruan tinggi? Mau tau selak beluknya tentang perkuliahan manajemen? Jika ya, kamu beruntung sekali. Pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai Bagaimana sih Perkuliahan Manajemen?
Sebelumnya ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang jurusan manajemen. Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi. Pada SBMPTN 2015, jumlah peminat jurusan manajemen menempati posisi keempat tertinggi dengan 3.885 peminat. Selain itu pada perguruan tinggi swasta (PTS), jurusan ini selalu menempati posisi nomor satu dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB).
Jurusan manajemen banyak diminati dikarenakan peluang kerjanya yang sangat luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Lebih lengkap lagi, berikut ini merupakan prospek karier seorang lulusan manajemen:
- Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi, Excecutive Staff Keuangan
- Administrator Keuangan, Administrator Personalia dan HRD, Administrator Pemasaran, atau Administrator Produksi
- Manajer di berbagai bidang
- Analis Pasar
- Analis Saham dan Pasar Modal
- Analis Mutu Produk
- Supervisor
- Direktur atau juga Komisaris
- Wirausahawan
- Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi, dan lain sebagainya.
KONSENTRASI JURUSAN MANAJEMEN
Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:
Manajemen Keuangan
Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.
Manajemen Pemasaran
Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.
Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)
Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.
Manajemen Operasional
Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.
MATA KULIAH JURUSAN MANAJEMEN
Berbicara mengenai konsentrasi jurusan pasti tak terlepas donk dengan mata kuliah yang diajarkan. Adapun pada umumnya mata kuliah yang diajarkan di jurusan manajemen ialah sebagai berikut:
MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
- Pendidikan Agama
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Pendidikan Pancasila
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris Bisnis
- Ilmu Alamiah Dasar
- Ilmu Budaya Dasar
MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
- Ekonomi Mikro
- Ekonomi Makro
- Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
- Pengantar Bisnis
- Pengantar Manajemen
- Matematika Ekonomi
- Matematika Bisnis
- Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
- Pengantar Aplikasi Komputer
- Kewirausahaan
- Ekonomi Koperasi
- Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik
MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
- Perilaku Organisasi
- Metode Penelitian
- Manajemen Investasi
- Anggaran Perusahaan
- Perpajakan
- Hukum Bisnis
- Ekonomi Manajerial
- Ekonomi Internasional
- Komunikasi Bisnis
- Analisis Kuantitatif
- Perekonomian Indonesia
- Etika Bisnis
MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
- Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen Strategik
- Akuntansi Biaya
- Akuntansi Manajemen
- Riset Operasi
- Sistem Informasi Manajemen
- E-Commerce
- Studi Kelayakan Bisnis
- Analisa Laporan Keuangan
- Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi
MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
- Riset Pemasaran
- Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
- Manajemen Pemasaran Internasional
- Perilaku Konsumen
KONSENTRASIÂ MANAJEMEN KEUANGAN
- Manajemen Keuangan Internasional
- Analisis Sekuritas dan Portofolio
- Analisis Kinerja Keuangan
- Manajemen Resiko
KONSENTRASIÂ MANAJEMEN SDM
- Total Quality Management (TQM)
- Manajemen Kinerja dan Kompensasi
- Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
- Teknik Perencanaan Tenaga Kerja
KONSENTRASIÂ MANAJEMEN OPERASIONAL
- Manajemen Mutu Produk
- Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
- Manajemen Proyek
SARAN BAGI KAMU YANG TERTARIK BERGABUNG DI JURUSAN MANAJEMEN
- Sebelum kamu mengambil keputusan mengambil jurusan manajemen di PTN, ada baiknya kamu survei terlebih dahulu peta persaingan jurusan manajemen di setiap PTN, karena jurusan ini merupakan jurusan yang paling berat persaingannya di Fakultas Ekonomi.
- Dalam jurusan manajemen banyak dituntut untuk berpikir analitis dan kritis, oleh sebab kamu harus biasakan dalam menyikapi sesuatunya secara bijak dan berdasarkan data yang valid (akurat). Orang manajemen akan selalu berpatokan pada sesuatu yang sudah valid dan bukan rekayasa.
- Biasakanlah dalam memahami perhitungan dasar matematika, terutama bagi kamu yang memiliki bayangan mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Hal ini dikarenakan diseluruh bidang konsentrasi manajemen tak terlepas dari analisa penelitian yang berisi hitung-hitungan. Kalaupun tidak mahir, maka setidaknya paham alur perhitungannya akan kemana.
- Dalam jurusan manajemen, kita tidak hanya menganalisa mengenai kehidupan di perusahaan  saja, namun kehidupan luar perusahaan harus benar-benar kita pahami. Untuk itulah maka penting bagi kamu untuk mempelajari secaa intens dasar-dasar ekonomi mikro dan makro pada semester awal.